Sunday, July 28, 2024

DOWNLOAD ANALISIS CP PENDIDIKAN PANCASILA

 

Capaian Pembelajaran merujuk pada kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh Murid setelah menyelesaikan suatu program pembelajaran. CP mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman konsep hingga penerapan praktik dalam kehidupan nyata. Dalam konteks pendidikan, Capaian Pembelajaran adalah kompetensi minimum yang harus dicapai Murid pada setiap mata pelajaran di setiap fase perkembangan. Di dalamnya terdapat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Jadi, Capaian Pembelajaran merupakan tujuan pendidikan yang menyatakan apa yang diharapkan Murid ketahui, pahami, dan kerjakan setelah menyelesaikan suatu periode belajar.

Kurikulum Merdeka yang saat ini di tahun 2024 telah ditetapkan sebagai Kurikulum Nasional telah mengalami beberapa kali perubahan Capaian Pembelajaran. Khusus untuk Pendidikan Pancasila atau sebelumnya bernama Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan perubahan yang ada tidak terlalu signifikan. Empat elemen yang wajib dipelajari oleh Murid di semua Kurikulum sejatinya adalah sama. Dan yang paling penting adalah setiap guru Pendidikan Pancasila mampu mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki sikap Nasionalisme dan Patriotisme. Atau dalam pasal 37 ayat (1) UU RI No. 20 Tahun 2003 dituliskan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. 

Namun kali ini saya lebih fokus untuk membahas tentang permintaan rekan-rekan Guru Pendidikan Pancasila untuk mengupload Analisis Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila yang terbaru. Saya secara pribadi berpendapat bahwa Analisis itu adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh otak manusia. Artinya analisis itu adalah sebuah proses berpikir. Jadi kalau kita ditanya "Anda sudah menganalisis hal ini?" dan kemudian dijawab "Sudah" maka sebenarnya tidak ada bukti yang bisa kita tunjukan bahwa kita sudah melakukan analisis. Karena itu prosesnya ada di dalam otak manusia.

Namun demikian karena Guru dibebani tugas untuk membuktikan hasil analisis CP maka saya menggunakan cara yang paling mudah, yaitu memanfaatkan AI. Dengan menggunakan AI maka kegiatan analisis menjadi lebih cepat dan kita mengurangi kegiatan untuk mengetik karena kebanyakan dari kita lebih suka mendownload. Bagaimana cara membuat analisis Capaian Pembelajaran menggunakan AI? bagi yang kepingin tau caranya silahkan tuliskan di kolom komentar.

Berikut saya lampirkan Dasar Hukum Capaian Pembelajaran terbaru yaitu Keputusan Kepala BSKAP No. 032 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran yang bisa di download pada link di bawah.

DOWNLOAD DASAR HUKUM CP TAHUN 2024 KLIK DISINI

DOWNLOAD CP PENDIDIKAN PANCASILA FASE D KLIK DISINI

DOWNLOAD ANALISIS CP PENDIDIKAN PANCASILA FASE D KLIK DISINI


CP

PPKN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN PANCASILA

ANALISIS CP

ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN


Saturday, July 20, 2024

GAMES CBP RUPIAH

 

Cinta Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan Masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu. Untuk lebih mengenal lebih dalam pemahaman tentang Cinta Bangga Rupiah ayo coba games CBP ini...

Selamat bermain!!!


#CBPRUPIAH
#BANKINDONESIA
#GAMESCBPRUPIAH
#KKS
#KARYAKREATIFSERAYU
#MENARATERATAI
#PURWOKERTO